Thursday, November 24, 2011

Pebolabasket Bertinggi Badan di Bawah 180 cm

Berbicara olahraga bola basket, yang pertama akan kita bayangkan adalah olahraga asli Amerika yang pertama kali diperkenalkan orang kulit hitam. Setelah itu barulah kita akan mengingat dimainkan orang-orang berpostur tubuh tinggi. Dan memang hampir 95 persen para pemain yang berlaga di National Basketball Asociation (NBA) memiliki tinggi badan lebih dari 190 cm. Tapi ada beberapa pemain yang ternyata seukuran pemain Indonesia atau di bawah 180 cm. Pemain itu diinformasikan uniknya.com di bawah ini.



  1. Terrel Brandon (179 cm)
Nama Terrel Brandon cukup terkenal di era 90-an bersama klubnya Cleveland Cavaliers. Walaupun hanya memiliki tinggi 179 cm, Terrel bisa terpilih masuk NBA All Star dua tahun berturut-turut yaitu pada 1996 dan 1997. Bahkan pada 1997, Terrel mendapat predikat The Best Point Guard.

Terrel Brandon (sumber: slamonline.com)

  1. Damon Stoudamire (178 cm)
Mengawali kariernya sebagai pebolabasket bersama Toronto Raptors pada 1995, Damon Stoudamire dijuluki “Mighty Mouse” karena postur tubuhnya yang hanya mencapai 178 cm. Namun kekuatan fisiknya membuat lawan sering kali kewalahan. Cukup satu tahun dari awal kariernya bagi Mighty Mouse untuk bisa dianugrahi NBA Rockie of The Year. Dengan rata-rata 19 poin pergame, Mighty Mouse menjadi salah satu pemain terhandal di NBA.

Damon Stoudamire (Sumber: swotti.com)

  1. Avery Johnson (178 cm)
Bagi pendukung San Antonio Spurs mengingat nama Avery Johnson akan langsung terkenang pada musim 1999. Walaupun hanya memiliki tinggi badan 178 cm, Johnson menjadi penentu kemenangan Spurs atas New York Knicks. Tembakan terakhir di game 5 dari Johnson lah yang memastikan Spurs juara musim itu. Walaupun terbilang pendek, beberapa klub meminatinya. Tercatat Denver Nuggets, Houston Rockets, Golden State Warriors dan Dallas Mavericks pernah dibelanya.

Avery Johnson (sumber: sikids.com)

  1. Earl Boykins (165 cm)
Earl Boykins menjadi salah satu pemain terpendek dengan postur 165 cm. Ia juga menjadi  pemain yang paling ringan. Teknik permainannya terbilang komplet dan pernah tercatat membela LA Clippers, Golden State Warriors, Milwaukee Bucks, Charlotte Bobcats, dan Washington Wizards.

Earl Boykins (sumber: wikimedia.org,uniknya.com)

  1. Tyrone Bogues (160 cm)
Pemain kelahiran Baltimore ini tercatat sebagai pemain terpendek di kompetisi NBA. Tyrone Bogues hanya memiliki tinggi 160 cm saja dan bermain untuk Hornets. Kekurangan dalam masalah postur tubuh dimanfaatkan timnya dalam menerobos pertahanan lawan yang mayoritas berbadan tinggi. Tyrone Bogues bermain untuk Hornets selama 10 tahun. (**)


Tyrone Bogues (Sumber:blogspot.com,uniknya.com)